Senin, 07 Desember 2015

:: INSPIRASI DARI BUNGA ::




Pada bunga, ada inspirasi yang semestinya ditangkap oleh orang-orang beriman. Beberapa nilai kehidupan yang bisa dipetik dari bunga, diantaranya:

Pertama, bunga selalu memberikan manfaat buat banyak orang. Ia memiliki nilai ekonomi yang sangat tinggi. Itu dibuktikan dengan pasar bunga dan toko bunga yang tak pernah sepi pembeli. Tak hanya orang, kupu-kupu pun senantiasa menari kegirangan ketika hinggap di sekitar mahkota bunga.

Kedua, bunga selalu siap menyapa siapa pun dalam setiap keadaan. Mulai dari keadaan suka saat pesta pernikahan, sampai keadaan duka dalam suasana kematian.

Ketiga, bunga selalu menebarkan aroma wangi dan menyegarkan siapa pun. Kendati satu saat ia dicampakkan, bunga tetap saja konsisten dan istiqomah menebarkan wanginya, sampai batas akhir kekuatannya.

Keempat, bunga rela mekar sekalipun untuk layu dan siap digantikan dengan generasi bunga segar berikutnya.

Demikian antara lain metafora bunga yang tak pernah bosan menawarkan arahan kebijakan dalam berkehidupan.

Pelajaran dari bunga ini menyadarkan kita untuk selalu siap digantikan oleh generasi baru yang memiliki aneka keunggulan lebih baik. Regenerasi dan kaderisasi harus terus berlanjut. Semua tejadi agar bisa memberi manfaat.

Semoga kita bisa mengambil pelajaran. Aamiin.

( Sumber : Buku “Jangan Hidup Jika Tak Memberi Manfaat" )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar