Selasa, 02 Juni 2015

SA'I melatih motivasi



Sa’i adalah salah satu rukun umrah dan haji. Dilakukan dengan membaca dzikir dan doa sambil berjalan antara bukit Safa dan Marwah sebanyak 7 kali lintasan. Jarak antara Safa dan Marwah 405 meter. 7x2 (bolak-balik) x 405 meter = 2.835 meter. Hampir 3 km dengan medan turun dan mendaki.
Jika melaksanakan tawaf aku merasakan diriku terbang melayang, saat Sa’i tubuhku serasa ditarik bumi. Aku simpan keheranan ini sambil berusaha khusyu’ membaca do’a Sa’i. Nabi Ibrahim AS. Meminta kepadaMu dengan doanya:
“Ya Tuhan kami, Sesungguhnya Aku Teah menempatkan sebahagian keturunanku di lembah yang tidak mempunyai tanam-tanaman di dekat rumah Engkau (Baitullah) yang dihormati, Ya Tuhan kami (yang demikian itu) agar mereka mendirikan shalat, Maka jadikanlah hati sebagian manusia cenderung kepada mereka dan beri rezkilah mereka dari buah-buahan, Mudah-mudahan mereka bersyukur. (QS: Ibrahim: 37).
          Lokasi Sa’i ini dulunya adalah padang pasir yang tandus dan kering. Melalui kaki Ismail, Jibril menghentak tanah sehingga keluarlah air Zam-zam. Dengan air yang memiliki keajaiban itulah mereka bertahan berhari-hari, berbulan-bulan. Subhanallah, Maha Suci Engkau yaa Allah. Aku mendapatkan sebuah teori motivasiyang luar biasa dari ibadah Sa’i ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar